Resep Dan Tips Membuat Kue Cucur

Resep Dan Tips Membuat Kue Cucur – Kue cucur merupakan salah satu dari sekian banyak kue tradisional Indonesia yang sering kita temukan khususnya di daerah Jawa Tengah. Kue cucur memiliki ciri khas bentuk bulat pipih dengan pinggiran kue yang agak sedikit gosong dan mempunyai rasa yang manis berpadu dengan gurih dari kelapa dan lembut serta empuk pada bagian tengahnya. Bahan dasar membuat kue cucur diantaranya adalah tepung beras, gula merah atau gula jawa dan juga santan. Kue ini selain sering kita sering jumpai di daerah Jawa Tengah, juga sering hadir pada saat acara tradisional Betawi, Manado dan lain sebagainya. Jika di daerah Gorontalo, kue cucur dikenal dengan naman kue tutulu. Dalam proses pembuatan kue cucur ini memang dibutuhkan kesabaran lebih karena diolah satu persatu dan juga membutuhkan bahan yang lumayan banyak.

Gambar Kue Cucur 61

Kue Cucur 61

Sahabat kebayaeliza.com pencinta kuliner, kali ini akan kami berikan resep kue cucur yang dapat menjadi panduan bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat kue cucur ini di rumah, silahkan disimak resep selengkapnya dibawah ini.

Bahan – bahan kue cucur:

100 gram gula pasir
150 gram gula merah, sisir
475 ml air matang
300 gram tepung beras
50 gram tepung terigu
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam
250 ml minyak untuk menggoreng

Gambar Kue Cucur 62

Kue Cucur 62

Cara membuat kue cucur:

  1. Dalam sebuah panci, masak terlebih dahulu gula merah dan juga gula pasir yang ditambahkan dengan air, Setelah ula larut saring dan sisihkan agar tidak terlalu panas.
  2. Dalam sebuah wadah baru, masukkan tepung terigu, tepung beras dan juga garam, lalu tuang dengan 1/2 bagian dari air gula yang telah hangat, aduk dengan tangan.
  3. Setelah tercampur rata, tambahkan dengan sisa air gula dan aduk terus sampai adonan menjadi ringan lalu istirahatkan selama 7 menit, sisihkan.
  4. Panaskan minyak yang cukup banyak, lalu ambil satu sendok sayur adonan dan tuangkan ke dalam wajang yang telah panas sampai seluruh adonan terendam minyak.
  5. Perlu diperhatikan, agar minyak yang dipakai untuk menggoreng, juga tidak boleh terlalu banyak.
  6. Jika adonan telah matang dan membentuk gerigi pada bagian tepi yang mulai mengeras, segera siram – siram dengan minyak untuk bagian tengah kue agar dapat matang merata.
  7. Untuk membalik kue cucur, tusuk seidkit pada bagian pinggir kue lalu balik dan matangkan kue cucur.
  8. Jangan terlalu lama saat membalik kue cucur, cukup sebentar saja karena hasil kue cucur akan mengeras dan bagian
  9. pinggirannya mudah sobek.
  10. Tiriskan kue cucur yang sudah matang dan susun dalam piring saji.
Gambar Kue Cucur 63

Kue Cucur 63

Baca Juga: Resep Kue Cincin Gula Merah Legit Dan Empuk

Tips membuat kue cucur:

  1. Dalam mengaduk adonan cucur, memerlukan ekstra perhatian yakni dengan cara mengoploknya agak sedikit lama, harus melibihi dari 15 menit, karena akan menghasilkan kue cucur yang lebih berserat.
  2. Untuk menggoreng kue cucur, disarankan untuk mengggunakan wajan yang terbuat dari besi hitam dan juga berat, karena panas yang dihasilkan stabil, sehingga bentuk kue menjadi sempurna.
  3. Saat sedang menggoreng kue cucur, minyak tidak boleh terlalu panas ataupun terlalu dingin, hal ini bertujuan agar hasil kue cucur memiliki bentuk rongga yang sangat cantik.
  4. Untuk anda yang memiliki ide kreatif, gula merah dapat diganti dengan berbagai bahan lainnya seperti buah – buahan.
  5. Kue cucur yang telah matang, jangan terlalu lama dibiarkan dalam dalam wadah terbuka agar kue cucur tidak mudah kering.

Resep Dan Tips Membuat Kue Cucur | Maressa B.A | 4.5