Cara Membuat Adonan Kulit Pastry ( Puff Pastry ) Dasar

Cara Membuat Adonan Kulit Pastry ( Puff Pastry ) Dasar – Untuk anda yang sangat menyukai puff pastry, pada kesempatan kali ini kebayaeliza.com akan memberikan sebuah resep cara membuat adonan kulit pastry yang bisa langsung anda coba buat di rumah.

Kulit pastry yang renyah dan berlapis – lapis memang membutuhkan trik khusus untuk membuatnya, namun tetap bisa anda buat dengan ketekunan, sabar dan tentunya mencoba berkali – kali sampai hasilnya bisa sempurna.

Akan tetapi, jika satu kali anda berhasil membuat adonan kulit pastry dengan baik, maka anda sudah bisa berkreasi dengan berbagai kue pastry yang lezat, mulai dari yang asin seperti daging, ikan, sayuran, sampai yang manis seperti buah – buahan , custard, coklat dan lain sebagainya.

Adonan kulit pastry ini biasanya digunakan untuk tart dan aneka variasi lainnya dengan menggunakan banyak mentega supaya hasil adonan pastrynya bisa lebih mengembang atau puffy.

Puff pastry yang memakai banyak mentega ini mempunyai lapisan yang tipis, renyah, rapuh dan juga ringan sebab terisi dengan banyak udara.

Hal utama yang harus diperhatikan saat membuat adonan puff pastry adalah meletakkan mentega dan juga udara yang banyak ke dalam tepung saat sedang diolah dengan cara digilas, dilipat dan didinginkan namun juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan.

Jika anda terlalu banyak menggilas dan juga menekuk adonan, maka adonan akan menjadi elastis yang menyebabkan adonan pastry jadi bantat dan tidak berlapis.

Tahapan mendinginkan adonan juga tidak kalah pentingnya, sebab mentega yang mencair akan berubah jadi minyak lalu meresap ke dalam tepung dan pada bagian tepi pastry akan sulit mengembang.

Baca Juga: Cara Membuat Fruit Tartlet Cantik Dan Nikmat

Selain itu, untuk menghasilkan kulit puff pastry yang baik juga dibutuhkan komposisi bahan yang tepat dan suhu dapur yang tepat sebab penggunaan mentega dingin dalam resep juga tidak akan berhasil jika adonan dibuat pada suhu ruangan yang hangat.

cara-membuat-adonan-kulit-pastry-puff-pastry-dasar

cara-membuat-adonan-kulit-pastry-puff-pastry-dasar

Resep Kulit Puff Pastry

Bahan pertama pasta mentega:

  1. 340 gram mentega dingin, potong – potong ukuran 2 x 2 cm
  2. 150 gram tepung terigu serbaguna

Bahan kedua adonan tepung:

  1. 280 gram tepung terigu serbaguna
  2. 280 gram tepung terigu protein tinggi ( tambahkan sedikit ekstra untuk taburan saat menguleni adonan )
  3. 4 kuning telur ayam
  4. 180 ml air (tambahkan 2 sendok makan air jika dirasa kurang)
  5. 2 sendok teh garam

Cara membuat kulit puff pastry:

  1. Pertama kita buat dulu adonan menteganya, masukkan tepung terigu dan mentega lalu kocok dengan mixer menggunakan kecepatan yang rendah sampai tercampur rata.
  2. Setelah adonan tercampur rata, pindahkan ke wrap plastic dan bentuk menjadi persegi empat memanjang dengan tebal 6 mm.
  3. Setelah itu, bungkus adonan dengan wrap plastic dan simpan di dalam lemari es sambil membuat adonan tepungnya.
  4. Untuk membuat adonan tepung, siapkan sebuah wadah lalu masukkan tepung terigu, kuning telur dan juga air lalu aduk rata dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  5. Jika dirasa kurang, tambahkan satu sampai dua sendok makan air ke dalam adonan, namun hati – hati sebab adonan akan bertambah lembut saat diistirahatkan, sebab yang diperlukan adalah adonan lembut namun tetap padat dan keras.
  6. Siapkan meja datar, lalu taburi dengan tepung terigu di permukaannya dan pindahkan adonan keatas meja lalu uleni selama 10 menit sampai adonan berubah menjadi elastis dan lembut.
  7. Bentuk bulat adonan dan bungkus rapat dengan wrap plastik minimal 1 jam, namun akan lebih bagus jika diistirahatkan selama semalam.
  8. Setelah diistirahatkan, letakkan adonan diatas meja yang sudah dutaburi tepung terigu lalu gilas adonan menggunakan kayu gilasan dengan tebal 8 mm.
  9. Letakkan adonan pasta pada bagian tengah adonan tepung dan lipat adonan sampai adonan pasta tertutup rapat.
  10. Bungkus kembali adonan dengan wrap plastik dan istirahatkan di dalam lemari es selama 30 menit.
  11. Keluarkan adonan dan letakkan diatas meja lalu gilas adonan kearah depan dengan gilasan kayu sehingga adonan memanjang dengan tebal 1 cm.
  12. Setelah itu, tekuk setiap ujung adonan lalu balik adonan sehingga bagian lipatan berada dibawah ( teknik ini dinamakan satu putaran penggilasan ) lalu gilas adonan kembali dan lipat kembali seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.
  13. Bungkus kembali adonan dengan wrap plastik dan istirahatkan selama 1 jam di dalam lemari es.
  14. Keluarkan adonan dari lemari es dan biarkan sebentar agar lemas dengan suhu ruang lalu letakkan kembali pada meja yang sudah ditaburi tepung terigu.
  15. Gilas kembali adonan sebanyak dua putaran dan bungkus kembali dengan wrap plastik lalu simpan di dalam lemari es bukan di freezer selama satu malam.
  16. Saat adonan akan dipakai, keluarkan terlebih dahulu dari lemari es dan biarkan berada di suhu ruangan sampai adonan sedikit lemas baru digilas dengan ketebalan sesuai dengan kebutuhan anda, siap untuk digunakan.

Itulah tadi tahapan dalam membuat adonan puff pastry yang bisa kami bagikan untuk anda, setelah anda berhasil membuat adonan puff pastry ini sendiri, maka anda tinggal berkreasi untuk isiannya sesuai dengan selera anda, selamat mencoba.


Cara Membuat Adonan Kulit Pastry ( Puff Pastry ) Dasar | Maressa B.A | 4.5