Cara Membuat Hotteok [Pancake Khas Korea] Isi Kacang

Cara Membuat Hotteok [Pancake Khas Korea] Isi Kacang – Hotteok merupakan salah satu penganan khas Korea dengan bentuk seperti pancake dengan isi pasta kacang yang gurih yang menjadi camilan khas masyarakat Korea.

Kue ini di olah dengan cara di goreng memakai minyak cukup banyak dan di santap pada saat musim dingin, Hotteok berbentuk bulat dan tebal dengan isian pasta kacang yang manis.

Nama ho tteok sendiri berasal dari kata ho dan juga tteok yang sudah mulai terkenal sejak abad ke-19 yang diciptakan para pedagang China yang menetap di Korea.

Adonan Hotteok ini terbuat dari campuran beberapa bahan seperti tepung terigu dan juga tepung beras serta ragi, air dan telur, sedangkan untuk isian terbuat dar campuran madu, brown sugar, kacang tanah yang dihaluskan serta kayu manis untuk penambah aromanya.

Jika di Korea, penganan Hotteok ini di jual dalam plastik yang juga di tambah dengan taburan brown sugar serta cincangan kacang atau wijen.

BACA JUGA: Resep Dongji Patjuk [Bubur Kacang Merah] Makanan Tradisional Korea

Cara Membuat Hotteok [Pancake Khas Korea] Isi Kacang

Cara Membuat Hotteok [Pancake Khas Korea] Isi Kacang

Bahan Bahan Membuat Hotteok

  • 2 sendok makan gula pasir
  • 150 gram tepng terigu
  • 10 gram ragi instant
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 120 ml air hangat
  • 50 gram gula semut
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram kacang tanah [sangrai dan cincang kasar]

Cara Membuat Hotteok

1#. Langkah pertama, siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, minyak sayur dan juga garam.

2#. Uleni sambil di tambah dengan air hangat sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang kalis dan tidak lagi menempel di tangan.

3#. Sesudah rata, istirahatkan selama 30 sampai 60 menit supaya adonan bisa mengembang.

4#. Sambil menunggu adonan mengembang, buat terlebih dahulu isian yakni dengan mencampur kacang tanah cincang, gula semut dan juga kayu manis bubuk sampai rata, sisihkan.

5#. Sesudah adonan mengembang dampai dua kali ukuran semula, buang udara yang ada di dalam adonan dengan cara memukul adonan.

6#. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulatan bulatan kecil dan pipihkan, kemudian tambahkan dengan isian kacang secukupnya dan tutup kembali sambil dibulatkan dan tekan sedikit sehingga bentuknya bisa pipih seperti pancake.

7#. Istirahatkan kembali adonan selama sekitar 10 menit lalu panaskan minyak dan goreng adonan memakai api yang kecil.

8#. Jangan lupa untuk membalik adonan jika satu sisi sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan, sajikan selagi hangat.

Demikian resep dari kebayaeliza,com kali ini tentang salah satu penganan khas Korea bernama Hotteok, semoga bisa lebih memperkaya pengetahuan anda mengenai berbagai jenis kue manca negara , terima kasih.


Cara Membuat Hotteok [Pancake Khas Korea] Isi Kacang | Maressa B.A | 4.5