Cara Membuat Lahoh Roti Tradisional Khas Yaman

Cara Membuat Lahoh Roti Tradisional Khas Yaman – Lahoh merupakan salah satu jenis roti yang mirip dengan panekuk berasal dari Djibouti, Somalia dan juga Yaman, Roti Lahoh ini juga cukup terkenal di Israel yang dikenalkan oleh Yahudi Yaman pada saat sedang berimigrasi kesana, jika di Yaman roti ini seringkali di jual di pinggir jalan oleh para pedagang kaki lima.

Penasaran dengan salah satu resep roti unik dan nikmat ini ?, langsung saja kamu simak resep selengkapnya dari kebayaeliza.com berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Roti Challah Nikmat dan Cantik

Cara Membuat Lahoh Roti Tradisional Khas Yaman

Cara Membuat Lahoh Roti Tradisional Khas Yaman

Bahan Pertama Lahoh

  • 1 cup air
  • 1/3 cup tepung terigu
  • 1/3 cup tepung gandum
  • 1 sendok teh ragi instan

Bahan Adonan Lahoh

  • 1 cup tepung jagung
  • 1 cup tepung terigu
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ragi instan

Bahan Sharaba

  • 1/4 cup tepung putih
  • 3/4 cup air

Cara Membuat Lahoh

1#. Tahap pertama adalah membuat starter dengan bahan pertama yakni tepung terigu, tepung gandum, ragi yang di campur rata dalam mangkuk lalu tambahkan dengan air sedikit demi sedikit.

2#. Istirahatkan adonan starter dan bungkus bagian atasnya namun jangan di tutup rapat dan diamkan selama 3 hari.

3#. Saat hari kedua adonan starter akan berbuih dan juga berbau ragi dan pada hari ketiga ragi akan hilang serta larutan menjadi asam dan cairan berwarna coklat akan terpisah di bagian atasnya.

4#. Jika anda masih belum ingin memakai campuran tersebut di hari ketiga, maka bisa di simpan dalam lemari es lalu tambahkan dengan tepung terigu serta air secara berkala.

5#. Untuk membuat adonan, aduk adonan starter dan campur dengan tepung jagung, tepung terigu, garam dan juga ragi, aduk rata sambil diuleni selama 5 sampai 10 menit sampai adonan lembut serta lentur.

6#. Jika adonan masih keras, bisa ditambahkan dengan air sedikit demi sedikit hingga seperti adonan roti lalu istirahatkan selama 30 sampai 40 menit.

7#. Sambil menunggu, kita buat dulu sharaba dengan mencampur air dengan tepung terigu dan aduk perlahan sampai tercampur rata.

8#. Panaskan adonan dengan api yang kecil sambil terus diaduk dan saat air sudah mulai berkurang maka adonan akan berbentuk pasta, matikan kompor.

9#. Campurkan adonan sharaba ke dalam adonan lalu tambahkan juga dengan 3/4 cup air hangat dan campur sampai merata, bentuk adonan menjadi sangat tipis seperti adonan crepes.

10#. Istirahatkan kembali adonan selama 15 sampai 30 menit sampai terlihat gelembung – gelembung kecil keluar.

11#. Panaskan pan lalu olesi dengan sedikit minyak agar tidak lengket lalu tuangkan adonan ke dalamnya mulai dari bagian luar pan dan bergerak spiral menuju ke dalam.

12#. Masak terus sampai satu sisi kering dan bagian ujungnya terlepas dari pan, satu sisi lahoh harus berwarna coklat keemasan serta halus dan di sisi lainnya harus banyak terdapat lubang – lubang kecil.

13#. Ulangi terus prosesnya sampai semua adonan selesai, sajikan.

Cara Membuat Lahoh Roti Tradisional Khas Yaman | Maressa B.A | 4.5