Cara Membuat Roti Challah Nikmat dan Cantik

Cara Membuat Roti Challah Nikmat dan Cantik – Challah atau hallah serta di kenal juga dengan nama Khale, Barches, bersches, bergis, barkis dan kitke merupakan sejenis roti spesial yang di anyam dan di santap oleh penduduk Ashkenazi dan juga orang Sefardim pada saat hari Sabat dan juga hari libur lainnya.

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat Challah tradisional memakai banyak telur, tepung dan juga gula pasir dan untuk resep modern memakai telur yang lebih sedikit bahkan ada pula yang tidak memakai telur sama sekali dan tepung putih yang di pakai pada resep tradisional kemudian di ganti dengan tepung terigu, oat atau spelt.

Sedangkan sirup gula atau madu juga terkadang di tambahkan dalam resep untuk menambah rasa manis atau juga sering ditaburi dengan biji bunga popi atau wijen sebelum nantinya akan di olah dengan cara di bakar.

Baca Juga: Resep Roti Melonpan Sajian Khas Jepang Renyah Bagian Atas dan Lembut Bagian Bawah

Cara Membuat Roti Challah Nikmat dan Cantik

Cara Membuat Roti Challah Nikmat dan Cantik

Bahan Bahan Membuat Roti Challah

  • 500 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan madu
  • 40 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus ragi instan
  • 200 ml air hangat
  • 25 gram butter
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur [kocok lepas campur dengan 1 sendok makan susu cair]
  • Wijen secukupnya
  • Kismis secukupnya
  • Sedikit tepung terigu

Cara Membuat Roti Challah

1#. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan mangkuk lalu masukkan tepung terigu, gula pasir, garam, madu, ragi instan, butter, telur dan juga kismis.

2#. Campur rata bahan – bahan tersebut dengan menggunakan sendok dan sesudah tercampur rata baru lanjutkan dengan memakai tangan anda.

3#. Lanjutkan meremas remas adonan selama kurang lebih 7 menit atau bisa juga anda keluarkan adonan ke meja kerja yang sudah diberi sedikit taburan tepung terigu.

4#. Sesudah adonan berubah teksturnya menjadi lebih halus dan mengkilap serta lembut maka bentuk bola bola lalu masukkan kembali ke dalam mangkuk.

5#. Tutup mangkuk dengan plastik dan usahakan plastik berwarna hitam lalu istirahatkan adonan selama 1 1/2 jam sampai 2 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

6#. Sesudah adonan mengembang, keluarkan udara dari dalam adonan dengan cara memukul adonan dan angkat adonan dengan perlahan sambil dipisahkan dari mangkuknya.

7#. Pada permukaan meja kerja, taburi sedikit tepung terigu lalu bentuk adonan seperti satu batang kayu dan istirahatkan kembali selama 1 sampai 2 menit.

8#. Potong adonan menjadi 6 bagian yang sama panjangnya dengan memakai pisau.

9#. Ambil satu bagian adonan dan gulung hingga agak cukup panjang seperti bentuk ular lalu gulung ke tengah arah luar dan ulangi cara ini pada adonan yang lainnya.

10#. Letakkan 3 pasang gulungan adonan lalu jalin adonan menjadi satu hingga ke bagian ujungnya.

11#. Bentuk pasangan gulungan adonan itu dengan memakai simpul kepang dan pastikan jika simpul kuat dan jangan sampai adonan menjadi melar.

12#. Potong setiap ujung dari simpul tersebut dan letakkan di dalam loyang, ulangi simpul tersebut pada sisa adonan yang lainnya dan letakkan berdampingan di dalam loyang.

13#. Tutup adonan dengan kantung plastik kembali dan isitirahatkan selama 30 menit.

14#. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius, pakai kuas untuk melapisi permukaan adonan challah dengan campuran telur kocok dan susu dan taburi wijen diatasnya.

15#. Panggang adonan selama 20 sampai 30 menit hingga berwarna coklat keemasan dan matang, potong kecil – kecil dan siap untuk disajikan.


Cara Membuat Roti Challah Nikmat dan Cantik | Maressa B.A | 4.5