Resep Membuat Kue Bikang khas Jawa

Resep Membuat Kue Bikang khas Jawa – Kue bikang itu adalah salah satu kue yang bentuknya sangat cantik. Karena berbentuk seperti bunga yang mekar. Apalagi bila ditambah dengan warna yang bermacam-macam, hasilnya menjadi semakin lebih menarik seperti bunga. Untuk rasanya sendiri tak perlu diragukan. Sangat lembut dan manis. Dengan tampilan hidangannya yang cantik, tak heran bila kue ini selalu berhasil membuat semua orang penasaran untuk mencobanya!

kue bikang

Kue ini kini telah menjadi hidangan nikmat yang kerap dijual di beberapa pasar tradisional. Untuk pembuatannya sendiri sebenarnya sangat mudah. Karena beberapa bahan yang dibuat juga mudah sekali ditemukan. Yaitu, hanya menggunakan tepung terigu, tepung beras, dan beberapa bahan adonan yang lain yang membuat tekstur kuenya menjadi lebih lembut dan lebih nikmat. Tak heran bila banyak orang selalu enggan untuk berhenti menyantapnya saat sudah tahu rasanya.

Anda dapat menambahkan beberapa pewarna yang lain sesuai dengan selera Anda. Sehingga, tampilan kue bisa lebih cantik dan lebih unik. Anda bisa menciptakan sendiri kue bikang yang cantik merekah seperti bunga mawar. Ini adalah salah satu bagian paling menarik dan telah menjadi ciri khas dari kue tradisional yang satu ini. Untuk lebih jelasnya akan kami berikan bagaimana cara membuat kue ini paling mudah di rumah, antara lain:

Bahan Biang untuk Membuat Kue Bikang

Tepung beras sebanyak 2 sendok makan.

Santan kelapa sebanyak 150 ml.

Bahan untuk Membuat Kue Bikang

Tepung beras 340 gr.

Kelapa parut secukupnya saja.

Santan kelapa sebanyak 100 ml, untuk bahan olesan.

Tepung terigu sebanyak 50 gr.

Garam dapur sebanyak 1,5 sendok teh.

Pewarna makanan secukupnya, sesuai dengan selera Anda. Anda bisa menciptakan kreasi Anda sendiri dari pewarna makanan yang Anda pilih tersebut.

Gula pasir sebanyak 150 gram.

Cara Membuat Kue Bikang yang Legit dan Mekar

  1. Masaklah tepung beras bersama dengan santan terlebih dahulu hingga mendidih, sambil diaduk-aduk sampai keduanya tercampur rata.
  2. Bila bahan biangnya sudah tercampur rata dan dalam kondisi yang masih hangat, maka tambahkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan garam dapur. Aduk-aduk lagi sampai semuanya tercampur rata menggunakan sendok kayu sambil sesekali ditepuk-tepuk.
  3. Jika adonannya sudah mulai terasa hangat, tuangkan santan kelapa.
  4. Uleni hingga 30 menit.
  5. Tepuk-tepuk lagi adonan itu.
  6. Ambil 2 sendok makan adonannya dan tambahkan pewarna sesuai dengan selera Anda sampai menjadi beberapa bagian.
  7. Bila sudah rata semua sisihkan.
  8. Panasi cetakan kue bikang, dan olesi memakai santan kelapa dan kelapa parut terlebih dahulu.
  9. Tuangkan adonan yang tidak ada warnanya ke dalam cetakan hingga ¾ ukuran.
  10. Bila sudah, tuang adonan yang ada warnanya.
  11. Lanjutkan dengan memanggangnya sampai kue ini ada pori-porinya dan mulai mekar.
  12. Bila sudah angkat, dan olesi lagi kue itu menggunakan santan.
  13. Lakukan sampai semua adonan habis.
  14. Kini kue telah siap untuk dihidangkan.

Rasa khas yang dihasilkan oleh kue ini memang membuat semua orang tak pernah bosan untuk menyantapnya. Kue ini cocok sekali dihidangkan dalam beberapa acara tertentu. Misalnya saja untuk acara arisan, pernikahan, dan kumpul dengan anggota keluarga. Dengan membuatnya sendiri di rumah, tentu saja rasanya lebih lezat dan lebih sehat. Karena Anda bisa menggunakan beberapa bahan yang sehat tanpa ada bahan pengawet makanan yang berbahaya.

Resep Membuat Kue Bikang khas Jawa | Sinta Rizki Fadila | 4.5