Resep Membuat Kue Pancong Manis

Resep Membuat Kue Pancong Manis – Siapa yang akan menolak kelezatan dari kue Pancong Manis yang satu ini? Menu sajian jajanan khas tempo doloe yang satu ini memang memiliki cita rasa yang benar-benar sangat khas sekali. Ada rasa gurih dan juga manis didalamnya. Menariknya lagi adalah, saat ini Anda dapat membuatnya sendiri di dalam rumah dengan sajian yang sederhana. Untuk lebih lengkapnya sebaiknya simak bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat kue pancong sederhana ini di bawah ini:

Bahan-Bahan

  • Tepung terigu sebanyak 1 kg.
  • Tepung beras sebanyak 250 gr.
  • Kelapa muda sebanyak 1 butir, yang telah diparut.
  • Santan sebanyak 500 CC.
  • Garam sebanyak 1 sendok makan.
  • Telur sebanyak 2 butir.
  • Margarin secukupnya saja.
  • Gula halus sebanyak 100 gr untuk bahan taburan.
  • Air gula jawa secukupnya saja.

Cara Membuat Kue Pancong Manis

  1. Rebus dulu santan yang telah disiapkan sampai mendidih.
  2. Setelah itu, dinginkan dan langsung sisihkan.
  3. Sementara itu, campur tepung beras, tepung terigu, kelapa muda parut, telur, dan juga garam.
  4. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata, dan jangan lupa untuk menambahkan santan ke dalamnya sedikit demi sedikit.
  5. Aduk-aduk saja sampai semuanya tercampur rata.
  6. Siapkan sebuah cetakan rangin, kemudian olesi menggunakan margarin.
  7. Bila sudah, masukkan saja adonannya sampai mencapai ¾ cetakan.
  8. Masak menggunakan api kecil sampai matang.
  9. Bila sudah angkat.
  10. Kini, kue Pancong Manis telah siap untuk disajikan dan disantap dengan ditambahkan pula dengan menggunakan air gula jawa dan gula halus, sesuai selera.

Kue pancong sendiri merupakan salah satu kue tradisional khas dari Betawi. Kue ini berasal dari kelapa dan juga tepung beras. Kue ini umumnya dimasak menggunaakn api kecil hingga kering. Tak heran bila cita rasanya menjadi lebih gurih dan juga enak saat disantap selagi masih panas. Sementara untuk kue terangin itu merupakan salah satu kue tradisional yang hampir sama dengan kue pancong. Namun bahan dasar dari kue ini adalah menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatannya.

Seperti yang telah diketahui, bahwa kue yang satu ini kerap dijual menggunakan gerobak di zaman dahulu kala. Untuk harganya sangat murah meriah. Dulu kue ini sering dijual senilai seribu rupiah sebanyak 10 biji. Tak heran jika jumlah peminatnya menjadi lebih banyak. Karena memang kue yang satu ini selain enak dan lezat, kue yang satu ini juga memiliki cita rasa yang khas saat disantap. Lebih menariknya lagi adalah, dengan mengkonsumsi kue ini pada porsi yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini:

Kalium & Fosfor

Kandungan ini didapatkan saat Anda mengkonsumsi menu ini. Yaitu sebanyak 631 mg kalium dan juga 240 mg fosfor. Sehingga, bisa dibilang bahwa makanan yang satu ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi.

Zat Besi

Bila Anda mengalami anemia, maka makanan yang satu ini cocok sekali untuk Anda. karena menu yang satu ini cocok sekali untuk masalah anemia. Didalamnya mengandung sebanyak 3,93 mg zat besi yang membuat Anda bisa terhindar dari masalah anemia.

Protein

Inilah yang selalu ditunggu-tunggu. Karena didalam makanan kue pancong manis yang satu ini ternyata juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Resep Membuat Kue Pancong Manis | Sinta Rizki Fadila | 4.5