Resep Membuat Kue Pukis Manis yang Lezat

Resep Membuat Kue Pukis Manis yang Lezat – Kue pukis ini kerap disebut juga dengan sebutan kue pancong. Kui ini begitu popular karena rasanya yang enak dan lembut. Aromanya begitu khas, sehingga membuatnya lebih istimewa. Kue basah ini berasal dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Kue ini cocok sekali untuk cemilan dan teman Anda saat sedang ngopi bersama teman.

kue pukis

Kue ini berasal dari adonan tepung terigu, telur, gula pasir, ragi, dan santan. Semua bahannya dicampur menjadi satu, kemudian diaduk-aduk sampai tercampur rata dan dituang ke dalam sebuah cetakan pukis. Kemudian dipanggang sampai matang. Menariknya lagi adalah, saat ini proses pembuatan dan cara penyajian dari kue ini mulai banyak kombinasinya.

baca juga: Resep Membuat Kue Akar Kelapa yang Gurih

Banyak yang memadupadankan dengan topping berbahan coklat, keju, kacang, meses, dan irisan daging. Sehingga, hal ini membuat cita rasanya tak pernah padam dan selalu berhasil menggugah selera. Nah, di bawah ini adalah bahan-bahan dan cara membuat kue pukis sederhana yang lembut untuk Anda, antara lain:

Bahan-Bahan

Tepung terigu sebanyak 100 gr.

Gula pasir sebanyak 100 gr.

Telur ayam sebanyak 3 butir.

Santan sebanyak 100 ml.

Ragi sebanyak 1 sendok makan.

Vanili secukupnya.

Keju secukupnya.

Meses secukupnya.

Cara Membuat Kue Pukis

  1. Siapkan dulu mangkuk yang berukuran sedang.
  2. Masukkan gula dan telur ke dalam mangkuk tersebut.
  3. Aduk-aduk hingga kedua bahan ini mengembang menggunakan mixer.
  4. Bila sudah, masukkan ragi instan, santan, dan tepung terigu secara perlahan sambil terus diaduk memakai mixer dengan kecepatan yang rendah hingga semua adonannya menjadi mulai tercampur rata.
  5. Diamkan adonannya hingga 30 menit sampai adonannya mengembang dan mulai berbuih.
  6. Sementara itu, panaskan cetakannya dan olesi permukaan cetakan ini memakai margarin sampai rata.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi dengan margarin sebelumnya, setelah itu tutup saja cetakannya itu. Namun, sebelum Anda menaruh adonan tersebut ke dalam cetakan, sebaiknya aduk-aduk dulu adonannya sampai rata, barulah kemudian dituangkan ke dalam cetakan.
  8. Saat pinggirannya mulai sedikit mengering, taburi bahan topping sesuai dengan selera Anda. Topping ini bisa berupa keju cheddar dan juga meses coklat.
  9. Setelah ditaburi dengan topping, kemudian tutup kembali dan panggang kue ini sampai matang menggunakan api kecil.
  10. Supaya bisa tahu apakah kuenya matang atau belum, maka tusukkan saja tengah kuenya dengan menggunakan lidi. Jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi, itu artinya kue telah matang.
  11. Bila sudah matang, segera angka, dan kini kue pukis telah siap untuk disajikan selagi masih hangat.

Sebenarnya kue ini memiliki banyak penggemar dan memiliki nilai sejarah tersendiri yang tak boleh dilupakan begitu saja. Kue yang sering ditemukan sebagai jajanan pasar ini sebenarnya merupakan makanan dari China yang kini sudah dapat dinikmati dengan mudah dimana-mana. Saat itu, kisahnya dimulai ketika masa penjajahan, banyak masyarakat Sampang Kebumen yang telah diculik oleh penjajah.

Penjajah tersebut mewajibkan siapapun yang diculik agar bekerja membuat kue pukis ini. Dulu, resep pembuatannya tak pernah diceritakan pada siapapun. Namun, rahasia resep pembuatan kue ini mulai bocor. Sehingga, banyak orang mulai mengetahui bahan-bahan pembuatannya dan mereka bisa membuat pukis itu sendiri. Hasilnya, kue ini menjadi primadona sampai sekarang dan bahkan terkenal di Indonesia sampai saat ini.

Resep Membuat Kue Pukis Manis yang Lezat | Sinta Rizki Fadila | 4.5