Resep Martabak Manis Tanpa Telur Paling Hemat dan Praktis

Resep Martabak Manis Tanpa Telur Paling Hemat dan Praktis – Sebenarnya martabak manis yang terbaru ini tidak harus mahal dan tidak harus dibeli dari luar rumah. Karena ternyata kini Anda juga bisa membuat martabak manis tanpa telur yang tentunya jauh lebih hemat dan jauh lebih praktis dalam proses pembuatannya. Tentu saja dengan begitu, hal ini bisa membuat Anda menadi lebih mudah dalam membuatnya sendiri di rumah. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Simak selenkgpanya di bawah ini:

 

Bahan-Bahan

  • 5 sendok makan dari tepung terigu.
  • Gula pasir sebanyak 2 sendok makan.
  • Susu bubuk sebanyak 1 sendok makan.
  • Vanili bubuk, sebanyak ½ sendok teh.
  • Garam sejumput saja.
  • Baking soda, secukupnya.
  • Air putih, secukupnya.
  • Topping disesuaikan terhadap selera Anda.

Cara Membuat Martabak Manis tanpa Telur

  1. Campur saja gula, tepung terigu, vanili, garam, dan juga susu bubuk sampai semuanya tercampur merata.
  2. Tuangkan saja air yang tlah disiapkan sedikit demi sedikit agar nantinya adonannya menjadi jauh lebih halus dan tidak terjadi gumpalan lagi.
  3. Panaskan sebauh teflon, dan jangan lupa untuk menuangkan adonan yang baru dibaut secukupnya tepat di tempat kecil yang terpisah.
  4. Campurkan saja sejumput dari baking soda tersebut ke dalam sebuah adonan.
  5. Bila teflon tersebut sudah cukup panas, maka segera tuang saja adonan tersebut.
  6. Bila nanti telah muncul beberapa lubang-lubang ke dalamnya, segera saja langsung tutup teflon penggorengan tersebut.
  7. Masak adonan ini memakai api yang sedang kecil, agar nantinya bisa merata adonan martabaknya.
  8. Bila sudah matang merata, segera angkat saja martabaknya.

Setiap kali Anda akan menuangkan adonan tersebut ke dalam sebuah teflon, sebaiknya tambahkan dulu baking sodanya. Jangant uangkan sekaligus ke adonannya dalam jumlah yang cukup banyak. Dijamin, hal ini akan membuat martabak manis ini bisa berhasil selesai dibuat.

Bagaimanapun juga, martabak manis merupakan salah satu makanan sehat yang umumnya dikonsumsi oleh para masyarakat di Indonesia. Dimana di dalamnya tersebut mengandung energi sebanyak 199 kilo kalori, dan memiliki kandungan protein juga sebesar 3,5 gr, ada juga kandungan karbohidrat mencapai 37 gr,ada pula kandungan lemak mencapai 4,1 gr, selanjutnya masih ada juga kalsium mencapai 0,02 mg, ad ajuga fosfor sebanyak 0 mg, dan zat besi sebanyak 1,4 mg.

Tak hanya itu saja, di dalam martabak manis itu sendiri juga mengandung vitamin A sebesar 121 IU dan ada juga vitamin B1 sebanyak 0 mg, dan vitamin C sebanyak 0 mg. Hasilnya itu didapatkan dari penelitian yang didapatkan dari 75 gr martabak manis dengan jumlah konsumsi sebesar 100%. Barulah setelah itu didapatkan kandungan martabak sebesar itu. Itu tadi adalah beberapa kandungan nutrisi yang didapatkan dari martabak manis buatan Anda sendiri di rumah.

Namun meskipun begitu, untuk hasil penelitian martabak ini bisa saja berbeda di antara hasil pembuatan yang satu dengan proses pembuatan yang lainnya. Yang pasti, bila Anda ingin menciptakan sajian menu masakan yang hemat dan praktis, maka Anda bisa mencoba membuat menu makanan yang satu ini. Tanpa membutuhkan telur, ternyata Anda masih bisa menyajikan sajian menu sehat yang satu ini di rumah. Menarik sekali, bukan?

Resep Martabak Manis Tanpa Telur Paling Hemat dan Praktis | Sinta Rizki Fadila | 4.5