Resep Bolu Kemojo Penganan Khas Riau

Resep Bolu Kemojo Penganan Khas Riau

bolu kemojo 05

bolu kemojo 05

Bolu kemojo adalah salah satu dari sekian banyak penganan yang berasal dari Riau. Kue kemojo biasanya hadir pada saat buka puasa, hajatan atau perayaan hari besar seperti hari raya Lebaran. Kue ini pada umumnya berwarna hijau kecoklatan, namun saat ini terdapat berbagai pilihan rasa seperti coklat, kacang merah, keju, pandan dan durian. Kue ini diberi nama kue kemojo karena cetakan loyang yang dipakai berbentuk mirip dengan bunga kamboja.

Bahan – bahan membuat bolu kemojo adalah tepung, telur, santan dan beberapa bahan campuran lainnya. Untuk rasa, bolu kemojo tidak perlu diragukan lagi karena rasanya yang enak, membuat banyak orang menjadikan bolu ini sebagai salah satu favorit.

Anda tidak perlu jauh – jauh berkunjung ke Riau hanya untuk sekedar mencicipi kelezatan kue ini, karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang Resep Kue Tradisional Indonesia ini. Mari kita mulai untuk mengupas tuntas tentang bahan – bahan dan juga cara membuatnya.

Bahan – bahan kue kemojo:

  1. 50 gram gula pasir
  2. 250 gram tepung terigu segitiga biru
  3. 1/4 sendok teh baking powder
  4. 300 cc susu cair
  5. 1/2 sendok teh fermipan
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. 3 butir telur ayam
  8. 50 gram mentega
  9. Ekstrak pandan secukupnya

Cara membuat bolu kemojo:

  1. Dalam sebuah wadah, kocok tiga butir telur ayam dengan 50 gram gula pasir dengan mixer sampai tercampur rata.
  2. Pada wadah lain, campurkan 250 gram tepung terigu, 1/4 sendok teh baking powder, 300 cc susu cair, 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh fermipan lalu kocok dengan mixer sampai rata.
  3. Setelah adonan rata, istirahatkan selama 30 menit.
  4. Setelah adonan diistirahatkan selama 30 menit, masukkan adonnan kedalam kocokkan telur dan juga gula pasir lalu campur sampai rata.
  5. Setelah semua tercampur rata, tambahkan dengan 50 gram mentega dan juga ekstrak pandan, aduk rata kembali.
  6. Tuangkan adonan kue kemojo kedalam loyang lalu panaskan diatas oven selama 15 menit.
  7. Setelah kue kemojo matang, angkat dan sajikan untuk seluruh anggota keluarga anda dan juga sahabat.

Tips:

bolu kemojo 06

bolu kemojo 06

 

  1. Agar bolu kemojo tidak hangus diluar dan mentah didalam, caranya adalah jangan memanggang(meng-oven) pada suhu terlalu panas atau dengan api sedang.
  2. Agar tekstur bolu kemojo tidak kasar,caranya adalah dengan melakukan penyaringan pada saat adonan tepung di campur dengan santan.

Baca juga: Resep Kue Delapan Jam Legit dan Lembut

Setelah anda membaca resep bolu kemojo khas Riau diatas, ternyata mudah bukan cara membuatnya. Tidak sesulit yang anda bayangkan. Kue kemojo ini juga cocok untuk anda jadikan hantaran saat berkunjung kerumah sanak saudara atau untuk disantap bersama anggota keluarga anda maupun teman dan kerabat.

Jangan lupa juga untuk membaca aneka resep dari kami yang lainnya seperti resep puding, resep minuman, resep kue tradisional Indonesia dan resep kue modern internasional. Selamat mencoba dirumah.


Resep Bolu Kemojo Penganan Khas Riau | Maressa B.A | 4.5