Resep Dongji Patjuk [Bubur Kacang Merah] Makanan Tradisional Korea

Resep Dongji Patjuk [Bubur Kacang Merah] Makanan Tradisional Korea – Dongji Patjuk yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti bubur kacang merah ini merupakan makan khas dari negara Korea.

Penganan ini pada jama dulu disajikan secara hangat pada saat musim dingin yang diwarisi dari tradisi turun temurun masyarakat Korea.

Menurut kepercayaan masyarakat Korea, warna merah merupakan warna yang paling tidak disukai oleh roh jahat dan sebelum menyantap Dongji Patjuk ini, penganan ini dipercikkan di area dapur, pintu dan juga halaman rumah mereka.

Bahan utama dari Dongji Patjuk ini adalah se al sim yang merupakan kue dengan bahan dasar dari adona kedelai, jika dalam bahasa Korea, se al berarti telur burung.

Untuk anda yang ingin mencicipi salah satu makanan tradisional Korea bernama Dongji Patjuk ini, tidak perlu jauh jauh pergi ke Korea, karena cara membuatnya cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah, untuk resep selengkapnya bisa di lihat pada ulasan dari kebayaeliza.com berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Lahoh Roti Tradisional Khas Yaman

Resep Dongji Patjuk Makanan Tradisional Korea

Resep Dongji Patjuk Makanan Tradisional Korea

Bahan Bahan Dongji Patjuk Korea

  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram kacang merah kering
  • 8 cangkir air matang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 cup tepung ketan
  • Air hangat secukupnya

Cara Membuat Dongji Patjuk Korea

1#. Langkah pertama, cuci bersih kacang merah lalu rendam dan biarkan selama satu malam.

2#. Merendam kacang merah harus dilakukan agar anda tidak perlu waktu lama pada saat merebusnya.

3#. Sesudah di rendam selama satu malam, rebus kacang merah dengan air yang cukup banyak, sampai seluruh kacang merah terendam dengan air.

4#. Untuk memeriksa kematangan kacang merah, ambi satu biji kacang merah yang sedang di rebus lalu tekan dengan menggunakan jari anda dan jika hancur dengan mudah berarti kacang merah sudah matang dan siap di angkat kemudian ditiriskan.

5#. Sesudah kacang tiris, haluskan kacang merah rebus dengan menggunakan blender atau sendok kayu, tidak perlu sampai benar – benar halus, hanya cukup sampai hancur saja.

6#. Sesudah kacang merah dihaluskan, tambahkan dengan gula pasir dan juga garam serta 2 cup air kemudian masak kembali dengan menggunakan api yang kecil sampai matang.

7#. Sambil menunggu bubur kacang merah matang, kita buat terlebih dahulu bola bola ketannya.

8#.Campurkan tepung ketan dengan air hangat secukupnya sambil diuleni lalu bentuk menjadi bulatan – bulatan kecil, lakukan terus sampai seluruh adonan habis.

9#. Sesudah adonan selesai di bentuk, masukkan bola bola tepung ketan tersebut ke dalam bubur kacang merah yang sedang di masak dan terus masak sambil di aduk sampai bola bola ketan matang sempurna, sajikan selagi hangat.

Resep Dongji Patjuk [Bubur Kacang Merah] Makanan Tradisional Korea | Maressa B.A | 4.5