Resep Kue Japanese Cheesecake lembut

japResep Kue Modern kali ini adalah Japanese cheesecake. Japanese Cheesecake merupakan cake yang berbeda dari cheesecake pada umumnya, Japanese cheesecake adalah perpaduan antara sponge cake dan cheesecake, Japanese  cheesecake dibuat dengan cara memanaskan cream cheese dan mentega sampai mengental, baru kemudian menambahkan kuning telur dan maizena ke dalam adonannya. sementara putih telurnya dikocok terpisah sampai membentuk stiff peak (putih telur dikocok sampai kaku), baru kemudian dicampur oleh adonan cream cheesenya. Japanese cheesecake juga dipanggang sama halnya dengan cheesecake yang lain, tetapi dengan teknik water bath (teknik memanggang dengan cara meletakkan loyang berisi adonan ke dalam loyang lain yang berisi air panas). Cara ini dilakukan supaya menghasilkan tekstur kue yang berwarna terang, lembut dan basah, serta menjaga agar bagian permukaan kue tidak retak. Rasa dari Japanese cheesecake sangatlah lembut dan tidak terlalu manis. karena adonan kue ini tidak memakai pengembang sama sekali, maka teknik mengocok putih telur amatlah penting, agar kue dapat naik atau mengembang dengan sempurna. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat Resep Japanese Cheesecake Lembut

Bahan-bahan :

  1. 40 gram tepung berprotein sedang atau rendah
  2. 160 gram cream cheese
  3. 25 gram mentega atau margarine
  4. 120 gram susu cair (bisa diganti 2 sendok makan susu bubuk yang dicairkan dengan 120 ml air)
  5. 30 gram tepung maizena
  6. 4 kuning telur
  7. 4 putih telur
  8. 1/4 sendok teh cream of tartar
  9. 100 gram gula pasir
  10. sedikit garam

Cara-cara membuatnya :

  1. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat celcius dan letakkan rak pemanggang pada posisi tengah.
  2. Siapkan loyang bongkar pasang yang diolesi dengan mentega dan taburan tepung terigu. lalu bungkus rapat loyang dengan alumunium foil, sisihkan.
  3. Siapkan panci alumunium, masukkan cream cheese, mentega dan susu cair
  4. Siapkan panci lain yang berukuran lebih kecil dan diisi dengan air samapai setengah panci, catatan : jangan sampai dasae panci isi cream cheese menyentuh dasar air di panci. masak adonan cream cheese sambil terus diaduk-aduk sampai meleleh, tercampur rata dan segera angkat dari oven.
  5. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena sambil diaduk dengan cepat, setelah agak hangat baru ditambahkan kuning telur.
  6. Mixer putih telur dan kocok dengan kecepatan tinggi selama kira-kira 2-3 menit. setelah 2 menit, tambahkan gula pasir secara perlahan.
  7. Masukkan putih telur secara bertahap ke dalam adonan tepung, aduk dengan menggunakkan teknik aduk balik, setelah tercampur rata, baru tambahkan lagi putih telur berikutnya. tujuan menambahkan putih telur secara bertahap adalah agar putih telur lebih mudah tercampur dan tidak menggumpal. jika semua sudah rata, barulah tuangkan adonan ke dalam loyang. dan pangang.
  8. Istirahatkan sebentar Japanese cake dan lalu potong bagian pinggir cake agar lebih mudah melepaskan pinggiran dari loyang.
  9. Potong-potong cake dan siap disajkan

japanese-cropGlaze :

  1. 2 sendok makan selai strawberry atau apricot atau bluberry, tergantung selera anda
  2. 2 sendok makan air

panaskan 2 sendok makan selai dan 2 sendok makan air, aduk rata dan oleskan pada permukaan cheesecake secara merata.

Tips Dan teknik ;

  1. Jika permukaan cake terlihat agak kecoklatan sedangkan bagian dalam cake masih mentah. maka kita harus menutup loyang dengan aluminium foil.
  2. Letakkan loyang di rak paling bawah,agar cake ini tidak gosong dan jaga agar air tidak kering atau habis
  3. Agar crust atau alas cake tidak terlalu keras, sebaiknya dipanggang maksimal 10 menit

Resep Japanese Cheesecake Lembut ini memang terlihat agak sulit membuatnya, tetapi jika anda mengikuti cara membuat dalam resep ini dengan benar, dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan anda. Selamat Mencoba.

Baca Juga : RESEP KUE APEM GULA MERAH MEKAR LEMBUT

 

 

Resep Kue Japanese Cheesecake lembut | Maressa B.A | 4.5