Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris

Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris – Salah satu penganan lezat tradisional yang berasal dari kota Makassar, Sulawesi Selatan adalah kue baroncong.

Kue ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dengan bentuk setengah lingkaran hampir sama dengan kue pukis, bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue baroncong ini juga tergolonng murah serta mudah di dapat seperti tepung terigu, parutan kelapa muda, gula pasir dan juga beberapa tambahan bahan lainnya.

Adonan kue baroncong ini kemudian di masak dengan cara panggang memakai cetakan, kue ini cocok dijadikan sarapan atau camilan sehari hari untuk teman minum teh atau kopi.

BACA JUGA: Cara Membuat Kue Kolombeng Kue Warisan Manado

Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris

Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris

Kue baroncong atau juga di kenal dengan nama kue buroncong ini adalah salah satu makanan legendaris yang harus dilestarikan yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Untuk anda yang sedang mencari resep kue tradisional namun berbeda dari biasanya, bisa mencoba kue baroncong ini sebagai referensinya dan untuk resep cara membuat kue baroncong selengkapnya bisa di lihat pada ulasan dari resepkuemakanan.com di bawah ini.

Bahan Bahan Kue Baroncong Khas Makassar

  • 250 gram kelapa muda, parut kasar
  • 250 gran tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 500 ml air matang
  • Garam secukupnya
Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris Pic 2

Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris Pic 2

Cara Membuat Kue Barocong Khas Makassar

1#. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat kue baroncong adalah siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu, kuning telur lalu aduk sampai rata sambil di tuang air sedikit demi sedikit.

2#. Aduk adonan dengan memakai mixer sampai menjadi adonan yang kental dan jika kekentalan sudah cukup bisa hentikan menuang airnya.

3#. Sesudah adonan tercampur rata, tambahkan dengan gula pasir dan juga garam lalu aduk kembali sampai tercampur rata.

4#. Terakhir, masukkan kelapa muda parut dan aduk rata kembali, jika adonan menjadi terlalu kental bisa ditambahkan air kembali namun jangan sampai adonan menjadi terlalu cair.

5#. Panaskan cetakan pukis lalu oles sedikit dengan minyak atau margarine dan setelah cetakan panas, tuangkan adonan ke dalam cetakan lalu tutup dan biarkan sampai matang dan mengembang.

6#. Lakukan terus sampai seluruh adonan habis lalu angkat dari cetakan dan susun di piring saji.

7#. Taburi kembali permukaan kue baroncong dengan gula pasir secukupnya saja dan sajikan selagi hangat.

Resep Kue Baroncong Kue Tradisional Makassar Legendaris | Maressa B.A | 4.5