Resep Kue Cincin Gula Merah Legit Dan Empuk

Resep Kue Cincin Gula Merah Legit Dan Empuk – Satu lagi kue khas indonesia yang memiliki citarasa khas dan unik yaitu kue Ali Agrem atau biasa kita sebut dengan kue cincin. Kue cincin ini biasanya hadir pada saat acara pernikahan, yang mengartikan keabadian. Kue cincin ini berbentuk seperti donat, bulat dan memiliki lubang pada bagian tengahnya, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil dari kue donat. Warna dari kue cincin ini adalah coklat pekat karena memakai bahan dasar gula merah, bahan dasar lainnya untuk membuat kue cincin ini adalah tepung ketan dan juga tepung beras serta beberapa bahan tambahan lainnya.

Gambar Kue Cincin 64

Kue Cincin 64

Kue yang satu ini masih tetap ada sampai sekarang, namun sayangnya hanya terdapat dipinggiran kota saja. Akan sangat disayangkan jika kue khas Indonesia ini harus punah karena hadirnya beragam jenis kue dari luar negri. Untuk itulah kali ini resepkuemakanan.com akan berbagi resep cara membuat kue cincin ini untuk anda.
Anda tidak perlu khawatir tentang cara membuatnya, karena kue yang satu ini cukup mudah untuk dipraktekkan dirumah, bahan – bahannya pun cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. ayo, langsung saja kita lihat cara membuatnya dibawah ini.

Bahan – bahan membuat kue cincin:

  1. 650 gram tepung beras
  2. 335 gram kelapa parut
  3. 400 ml air kelapa
  4. 500 gram gula merah
  5. 1/2 sendok makan kayu manis
  6. 1/2 sendok makan garam
  7. 1/2 sendok makan cengkeh bubuk

Cara membuat kue cincin:

  1. Kupas satu buah kelapa, lalu parut , beri garam lalu disangrai, sisihkan.
  2. Campur kelapa yang telah disangrai tersebut dengan tepung beras, aduk sampai rata, sisihkan.
  3. Panaskan gula merah yang telah disisir dengan ditambahkan dengan air kelapa, kayu manis dan juga cengkeh, panaskan gula merah sampai benar – benar larut.
  4. Setelah gula merah larut, tambahkan dengan campuran tepung dan kelapa parut selagi air gula merah masih panas.
  5. Uleni adonan tadi sampai halus dan kalis, istirahatkan semalam dan jangan lupa ditutup dengan kain (jangan memasukkan adonan ke dalam len\mari es).
  6. Setelah adonan diistirahatkan selama semalam, maka adonan telah siap untuk dibentuk.
  7. Ambil kurang lebih 20 gram adonan, bulatkan dan dipipihkan, setelah itu beri lubang pada bagian tengahnya.
  8. Setelah adonan terbentuk, panaskan minyak goreng yang cukup banyak, lalu masukkan adonan kue cincin yang telah dibentuk tadi.
  9. Masak kue cincin dengan menggunakan api yang sedang agar matang merata.
  10. Lakukan sampai seluruh adonan habis.
    Setelah kue cincin matang, angkat dan sajikan.

BACA JUGA: Resep Kue Apem Bakar Gula Merah Mekar Lembut

Gambar Kue Cincin 63

Kue Cincin 63

Catatan:

  1. Kue cincin ini akan terasa sedikit alot pada saat kue masih dalam keadaan panas, namun jika kue sudah dingin, terlebih didiamkan selama semalam, maka kue cincin ini akanterasa sangat empuk.
  2. Hasil kue akan lebih baik jika menggunakan kelapa parut yang masih segar, bukan beli dalam kemasan beku yang tersedia di toko – toko.
  3. Untuk takaran air kelapanya, sebaiknya pada saat direbus agak dilebihkan sedikit takarannya, karena masing – masing adonan berbeda tingkat kelembapannya.
  4. Jika adonan dirasa masih agak sedikit kering, maka dapat ditambahkan air kelapa lagi, tetapi harus diingat air kelapa harus dalam keadaan mendidih saat akan ditambahkan ke dalam adonan.

Resep Kue Cincin Gula Merah Legit Dan Empuk | Maressa B.A | 4.5