Resep Kue Gapit Renyah Manis Khas Cirebon Warisan Kuliner Indonesia

Resep Kue Gapit Renyah Manis Khas Cirebon Warisan Kuliner Indonesia – Kue gapit merupakan salah satu jenis camilan yang termasuk ke dalam jenis kue kering yang adalah camilan asli khas Indonesia lebih tepatnya berasal dari Cirebon, Jawa Barat.

Kue gapit ini terbuat menggunakan bahan dasar tepung tapioka dan nama gapit sendiri di ambil dari cara pembuatannya dan memiliki banyak jenis serta rasa yang berbeda beda.

Walau kue gapit adalah camilan khas dari kota Cirebon dan banyak menjadi incaran oleh oleh bagi para wisatawan, akan tetapi camilan yang satu ini terbilang cukup jarang dikonsumsi oleh masyarakat Cirebon itu sendiri.

Bentuk dari kue gampit ini menyerupai kue simping, akan tetapi kue simping memiliki ukuran yang lebih besar dan jua tipis jika dibandingkan dengan kue gapit yang berukuran lebih kecil dan lebih tebal.

Adonan ini nantinya akan di gapit dengan dua buah lempengan besi di atas pembakaran sehingga bentuknya menjadi pipih dan teksturnya renyah saat sudah matang.

Sekarang ini, kue gampit tidak hanya bisa ditemukan di kota Cirebon saja, namun juga di beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Bandung dan juga Sukabumi.

Rasa yang tersedia pada kue gapit ini diantaranya adalah rasa kencur, original, kacang bawang, manis wijen, keju, udang keju dan beberapa rasa lainnya.

Bentuk dari kue gapit saat ini juga beragam seperti pipih, di gulung dan beberapa bentuk lainnya, untuk resep yang resepkuemakanan.com berikan kali ini adalah dengan bentuk gulungan sehingga lebih mudah untuk membuatnya.

BACA JUGA: Resep Wajik Ketan Hitam Kenyal Nikmat Sederhana

Resep Kue Gapit Renyah Manis Khas Cirebon Warisan Kuliner Indonesia

Resep Kue Gapit Renyah Manis Khas Cirebon Warisan Kuliner Indonesia

Bahan Bahan Kue Gapit Manis

  • 500 gram tepung beras
  • 200 gram gula pasir
  • Santan secukupnya saja
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya untuk mengoles cetakan
  • Telur untuk mengoles cetakan

Cara Membuat Kue Gapit Manis

1#. Tahap pertama, silahkan anda kocok satu butir telur dengan gula pasir sampai tercampur rata dan gula larut.

2#. Sesudah tercampur rata, tambahkan dengan tepung beras sambil diuleni sedikit demi sedikit dan ditambahkan juga dengan santan secara bertahap.

3#. Penambahan santan bisa dihentikan jika adonan sudah dapat di pulung dan pastikan adonan tidak terlalu lembek atau cair.

4#. Sesudah adonan jadi, panaskan cetakan kue gapit lalu olesi terlebih dahulu dengan minyak goreng dan juga telur agar tidak lengket.

5#. Ambil sedikit adonan sekitar satu bulatan kecil lalu letakkan adonan kue gampit tersebut pada bagian tengah cetakan dan tutup cetakan lalu panggang selama sekitar satu menit sambil di bolak balik.

6#. Sesudah kue matang, buka cetakan dan gulung seperti bentuk kue semprong selagi adonan masih panas, lanjutkan terus sampai semua adonan matang lalu sesudah dingin masukkan ke dalam toples serta tutup rapat, siap disajikan.

Resep Kue Gapit Renyah Manis Khas Cirebon Warisan Kuliner Indonesia | Maressa B.A | 4.5