Resep Kue Kamir Camilan Yang Mengenyangka

Resep Kue Kamir Camilan Yang Mengenyangkan – Kue kamir atau juga sering disebut dengan khamir ini merupakan makanan khas Pemalang akan tetapi daerah asli dari kue kamir ini berasal dari Arab.

Bahan – bahan untuk membuat kue kamir ini terbilang mudah seperti tepung terigu, telur, mentega dan seringkali diberi tambahan lain berupa tape atau juga bisa pisang ambon.

Kue kamir sendiri ada dua jenis yang berbeda bahan dasarnya yakni kue kamir terigu dan juga kue kamir beras, akan tetapi yang seringkali kita jumpai adalah kue kamir tepung terigu karena lebih awet jika dibandingkan dengan kue kamir beras.

Kue kamir memiliki bentuk bundar pipih berwarna kecoklatan hampir mirip seperti kue serabi atau apem namun ukurannya lebih besar dan teksturnya lebih padat.

Ukuran kue kamir sendiri juga tersedia dalam ukuran standar ataupun ukuran jumbo sebesar piring makan yang bisa di santap lebih dari satu orang.

Kata khamir sendiri dalam bahasa Arab memiliki arti ragi dan dalam proses pembuatannya, adonan didiamkan selama satu malam agar dapat mengembang dengan baik serta berfermentasi.

Untuk resep yang akan resepkuemakanan.com bagikan kali ini menggunakan bahan dasar tepung terigu dan tambahannya adalah tape singkong dan juga pisang ambon yang bisa anda lihat di bawah ini.

Baca Juga: Resep Kue Jongkong Lapis Unik dan Nikmat Menggugah Selera
Resep Kue Kamir Camilan Yang Mengenyangka

Resep Kue Kamir Camilan Yang Mengenyangka

Bahan – bahan kue kamir

  • 180 gram gula pasir
  • 350 gram tepung terigu protein tinggi [bisa diganti tepung terigu serbaguna]
  • 250 gram tape singkong
  • 100 gram pisang ambon [dari 1 buah pisang]
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan soda kue [cairkan dengan 2 sendok makan air]
  • 400 ml susu cair
  • Minyak goreng atau margarin untuk mengoles pan

Cara Membuat Kue Kamir

1#. Langkah pertama adalah siapkan mangkuk ukuran besar lalu bersihkan tape singkong dari serat dan sumbu lalu masukkan ke dalam mangkuk.

2#. Tambahkan dengan gula pasir dan juga pisang ambon lalu remas – remas dengan jari sampai tercampur rata dan halus.

3#. Tambahkan dengan tepung terigu lalu aduk rata menggunakan jari dan tambahkan juga dengan garam, baking soda yang sudah dicairkan, margarine leleh yang sudah dingin dan juga telur yang sudah di kocok lepas ke dalam adonan.

4#. Tambahkan dengan 1/2 bagian susu cair lalu aduk rata kembali menggunakan jari sampai tercampur merata.

5#. Tambahkan kembali dengan sisa susu cair sedikit demi sedikit sampai mendapatkan kekentalan yang tepat yaitu tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental agar tidak melebar saat di panggang pada teflon dan tidak terlalu kental supaya adonan tidak keras.

6#. Pukul – pukul kembali adonan sekitar 15 menit sehingga gelembung udara yang terperangkap bisa keluar lalu tutup adonan dengan kain bersih atau wrap plastic dan masukkan adonan ke dalam kulas selama satu malam.

7#. Panaskan teflon atau cetakan cara bikang dan jangan lupa di oles dengan margarine atau minyak lalu tuangkan satu sendok sayur adonan ke dalam teflon yang sudah panas.

8#. Pakai api kecil untuk mematangkan adonan kue kamir tersebut dan saat bagian dasar sudah kecoklatan serta mengeras balik dengan spatula dan matangkan sisi satunya.

9#. Jangan tekan adonan yang sedang di panggang dengan spatula dan biarkan adonan matang dengan sendirinya.

10#. Setelah kue kamir matang angkat dan lakukan terus sampai semua adonan habis, sajikan selagi hangat.


Resep Kue Kamir Camilan Yang Mengenyangka | Maressa B.A | 4.5