Resep Kue Kipo Isi Enten Khas Yogyakarta

Resep Kue Kipo Isi Enten Khas Yogyakarta – Salah satu makanan yang terkenal dari kotagede Jogjakarta adalah kue kipo. Kue kipo memiliki ciri khas bewarna hijau yang diolah dengan cara dipanggang. Kue kipo tergolong ke dalam jenis kue basah. Bahan dasar kue kipo ini terbuat dari kulit dari bahan dasar tepung ketan yang ditambahkan dengan beberapa campuran bahan lainnya, yang kemudian diberi isian kelapa parut yang dicampur gula merah yang terkenal dengan sebutan enten – enten. Ukuran dari kue kipo ini juga sangat kecil, sehingga pas untuk sekali suapan. Keunikan dari citarasa kue kipo ini adalah karena proses memasaknya yang dipanggang dan juga aroma dari air perasan daun suji dan daun pandan yang memberikan warna hijau pada kue kipo.

Kue Kipo Yogyakarta 49

Kue Kipo Yogyakarta 49

Perpaduan dari kulitnya yang kenyal dan lembut dengan isian manis dan gurih dari kelapa parut, semakin menambah kenikmatan dan gurih dari kue khas Jogjakarta ini. Cara membuat ku kipo ini tergolong mudah dan bahan yang dibuthkan juga ramah dikantong serta mudah untuk ditemukan. Setelah sedikit asal usul kue kipo, sekarang waktunya sahabat resepkuemakanan.com untuk melihat resep kue kipo selengkapnya dan jangan lupa untuk langsung dipraktekkan dirumah.

Bahan – bahan membuat kue kipo:

  1. 150 ml santan murni, panaskan terlebih dahulu
  2. 25 ml air perasan daun pandan dan daun suji (bisa diganti dengan pewarna makanan)
  3. 250 gram tepung ketan
Kue Kipo Yogyakarta 47

Kue Kipo Yogyakarta 47

Bahan – bahan isian kue kipo:

  1. 120 gram gula merah
  2. 2 lembar daun pandan
  3. 50 ml air matang
  4. 200 gram kelapa muda parut
  5. 1/2 sendok teh garam

Baca Juga : Resep Kue Cincin Gula Merah Legit Dan Empuk

Kue Kipo Yogyakarta 48

Kue Kipo Yogyakarta 48

Cara membuat kue kipo:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat isiannya atau enten – enten terlebih dahulu.
  2. Panaskan air lalu tambahkan dengan gula merah yang telah disisir, garam dan parutan kelapa muda, aduk – aduk sampai rata dan air menyerap ke dalam kelapa, sisihkan terlebih dauhlu.
  3. Untuk membuat kulitnya, siapkan sebuah wadah lalu masukkan tepung ketan dan juga santan yang dalam keadaan masih panas sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk atau dipulung.
  4. Tambahkan juga dengan air perasan daun pandan dan daun suji atau juga bisa menggunakan pewarna makanan warna hijau, aduk rata kembali.
  5. Ambil setengah sendok makan adonan dan pipihkan, tambahkan dengan setengah sendok teh adonan isian atau enten kedalam adonan.
  6. Bentuk dan tutup kembali adonan menjadi bentuk lonjong ataupun bulat, sesuai dengan selera anda.
  7. Lakukan terus sampai semua adonan dan isian selesai dibentuk.
  8. Panaskan wajan yang telah dialasi dengan daun pisang.
  9. Setelah wajan panas, letakkan adonan diatas kue pisang dan masak sambil sedikit ditekan – tekan sampai matang dan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.
  10. Balik kue kipo agar dapat matang dengan merata, angkat dan sajikan.
Resep Kue Kipo Isi Enten Khas Yogyakarta | Maressa B.A | 4.5