Resep Kue Tat Nikmat Tradisional Bengkulu

Resep Kue Tat Nikmat Tradisional Bengkulu – Kue Tat atau sering juga disebut dengan Juada Bay Tat adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari kota Bengkulu.

Meskipun nama juada bay tat ini terdengar seperti bahasa asing, akan tetapi kue ini benar – benar kue asli dari Bengkulu dan merupakan nama daerah asli di Bengkulu.

Kata Bay dalam bahasa Bengkulu memiliki arti “induk”, sedangkan Tat memiliki arti kue tart yang bisa diartikan tat adalah kue tart khas orang Bengkulu.

Jika dilihat dari tampilannya, kue tat berbentuk segi empat dan menyerupai kue tart akan tetapi juga terlihat seperti kue pie berbentuk bulat.

Pada bagian atas kue tat ini diberi lapisan selai nenas yang membuat kue khas Bengkulu ini menjadi terasa lebih nikmat.

Menurut cerita, dahulu kue ini merupakan makanan khas dari para raja – raja di Bengkulu, namun seiring berkembangnya jaman, kue tat ini tidak lagi hanya berbentuk bulat saja, namun mengalami sedikit modifikasi yakni berbentuk segi empat dan lain sebagainya.

Bahan – bahan untuk membuat kue tat ini mudah untuk ditemukan seperti tepung gandum, telur, mentega dan juga gula pasir yang nantinya akan diolah dan diberikan selai nanas pada bagian permukaannya.

Rasa dari kue tat yang sangat lembut, manis dan bertekstur renyah ini sangat layak untuk kamu coba di rumah, langsung saja disimak resep kue tat khas Bengkulu selengkapnya dari kebayaeliza.com dibawah ini.

Baca Juga: Resep Kue Apang Coe Khas Sulawesi Utara

resep-kue-tat-nikmat-tradisional-bengkulu

resep-kue-tat-nikmat-tradisional-bengkulu

Bahan-bahan Kue Tat Khas Bengkulu:

  • 600 gram tepung terigu (segitiga biru)
  • 50 ml santan kental (dari 1/4 butir kelapa)
  • 175 gram gula bubuk
  • 4 butir telur
  • 200 gram margarine
  • 2 sendok teh bumbu spekuk
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok teh soda kue
  • 2 kuning telur, kocok lepas (untuk olesan)
  • Selain nenas secukupnya

Cara Membuat Kue Tat Khas Bengkulu

1#. Siapkan wadah lalu kocok margarine bersama dengan gula bubuk sampai tercampur rata lalu tambahkan dengan telur satu per satu sambil terus dikocok sampai rata.

2#. Sesudah margarine dan gula bubuk serta telur tercampur rata, masukkan tepung terigu yang sudah diayak sambil diaduk rata dengan spatula.

3#. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sehingga adonan berubah menjadi kalis.

4#. Gilas tipis adonan tersebut dengan ketebalan 1/2 cm lalu cetak bulat dengan diameter 5 cm.

5#. Untuk sebagian adonan yang sudah dicetak diberi lubang pada bagian tengahnya, setelah itu tumpuk adonan yang sudah dilubangi tadi pada adonan yang tidak dilubangi dan rekatkan menggunakan kocokkan telur dan masukkan ke dalam cetakan mini pie.

6#. Isi dengan selai nanas pada lubang dan hias dengan adonan yang dibentuk pita atau bentuk lainnya sesuai dengan selera kamu dan terakhir olesi kocokkan kuning telur pada bagian permukaan adonan lalu panggang dalam oven sampai matang merata, sajikan.

7#. Untuk membuat kue tat ukuran besar, siapkan loyang kotak lalu alasi bagian dasar loyang dengan aluminium foil.

8#. Tipiskan adonan sebesar 1/2 cm lalu letakkan pada permukaan loyang dan ratakan bagian pinggirnya.

9#. Masukkan selai nenas keatas adonaon lalu tutup kembali dengan adona yang sudah dipotong panjang – panjang secara menyilang.

10#. Olesi bagian permukaan adonan dengan kocokkan kuning telur secara merata dan panggang dalam oven sampai matang dan berwarna golden brown atau kuning keemasan, sajikan.

Demikian resep cara membuat kue tat khas Bengkulu yang bisa kami bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa kamu praktekkan dengan mudah di rumah, terima kasih.


Resep Kue Tat Nikmat Tradisional Bengkulu | Maressa B.A | 4.5