Resep Kue Zebra

Kue zebra adalah salah satu jenis cake atau bolu yang memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga empuk dan sudah menjadi resep kue klasik sejak jaman dahulu. Rasanya manis yang pas dan tidak berlebihan membuat banyak yang menggemari kue yang satu ini, ditambah dengan motifnya yang cantik sehingga dinamakan kue zebra.

Warna coklat putih tersebut dihasilkan dengan cara menuangkan adonan dua warna kue yang berbeda secara bergantian dengan satu titik yang sama pada bagian tengah loyang. Jika menuang adonan tidak pas pada bagian tengah hasilnya akan kurang maksimal.

Cara membuat salah satu Resep Kue Tradisional Indonesia ini cukup mudah, anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah. Kue zebra ini dapat diolah dengan dua cara yaitu di kukus dan di panggang. Anda dapat memilih cara membuat kue zebra tergantung dari selera anda.

Di kesempatan kali ini, kami akan berbagi Resep Kue Zebra dengan cara di panggang. Di bawah ini adalah bahan – bahan, cara membuat dan beberapa tips membuat kue zebra.

Bahan – bahan membuat kue zebra:

  1. 375 gram tepung serba guna
  2. 200 gram gula pasir
  3. 240 ml susu cair
  4. 200 gram mentega
  5. 1 sendok teh ekstrak vanili
  6. 10 gram baking powder
  7. 1/4 sendok teh garam
  8. 4 butir telur

Bahan – bahan adonan coklat:

  1. 50 ml susu cair
  2. 25 gram coklat bubuk
  3. 15 gram gula pasir

Cara membuat kue zebra:

  1. Siapkan sebuah loyang, olesi dengan mentega lalu alasi dengan kertas roti agar tidak lengket
  2. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  3. Siapkan sebuah wadah, masukkan tepung terigu, garam dan baking powder, aduk sampai merata, sisihkan.
  4. Siapkan satu wadah lagi, masukkan 25 gram coklat bubuk, 15 gram gula pasir dan 50 ml susu cair, aduk sampai rata, sisihkan.
  5. Pada wadah ketiga, kocok mentega dan gula pasir sampai lembut. Setelah adonan lembut, tambahkan telur satu persatu sambil terus di kocok dengan mixer.
  6. Setelah merata, tambahkan dengan ekstrak vanili dan campur rata kembali.
  7. Tambahkan campuran tepung terigu, susu cair dan kocok dengan mixer dengan kecepatan yang rendah, kocok hanya sampai rata saja.
  8. Ambil sedikit bagian adonan dan masukkan ke dalam mangkuk, campur dengan campuran coklat bubuk, aduk sampai merata.
  9. Tuang sebagian adonan putih ke dalam loyang yang telah disiapkan, tuang pada bagian tengah loyang, lalu tuangkan sebagian  adonan coklat pada bagian tengah loyang juga, ulangi terus sampai adonan habis.
  10. Adonan tidak perlu diratakan, karena adonan kue zebra bersifat ringan, jadi adonan akan rata dengan sendirinya saat proses memanggang.
  11. Panggang selama 50 menit sampai kue zebra matang. Tusuk pada bagian tengah kue dengan menggunakan lidi untuk melihat apakah kue sudah matang.
  12. Keluarkan loyang dari dalam oven dan istirahatkan sebentar selam 15 menit, baru lepaskan kue dari loyangnya.
  13. Potong – potong kue zebra dan sajikan.

Silahkan lihat video cara membuat kue zebra berikut ini

 


Tips membuat kue zebra:

  1. Jika anda ingin menambahkan aroma pada kue zebra, anda dapat menambahkan 1/2 sendok teh bubuk cengkeh dan satu sendok teh kayu manis.
  2. Jangan memanggang kue zebra dengan suhu yang rendah, karena akan menyebabkan kue zebra retak dan penampilannya tidak cantik lagi. Panggang dengan suhu 180 derajat celcius, jangan di bawahnya.
  3. Gunakan loyang bulat dengan diameter 22 cm agar motifnya bisa lebih cantik dibandingkan dengan menggunakan loyang kotak, dan jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan mentega atau margarin dan dialasi dengan kertas roti.
  4. Sebaiknya, bahan – bahan kering seperti tepung terigu diayak terlebih dahulu agar hasil kue zebra bisa benar – benar lembut.

Demikianlah Resep Kue Zebra yang dapat kami bagikan untuk anda lengkap dengan video cara membuatnya, semoga makin mempermudah anda untuk mempraktekkan di rumah. Selamat mencoba

 

 


Resep Kue Zebra | Maressa B.A | 4.5