Resep Lemper Ketan Isi Ayam

Lemper Ketan Isi Ayam 16

Lemper Ketan Isi Ayam 16

Kue lemper termasuk ke dalam salah satu jajanan pasar dan Resep Kue Tradisional Indonesia yang dari segi harga masih cukup terjangkau dan ekonomis. Bahan dasar kue lemper ini terbuat dari beras ketan yang diberikan berbagai bumbu dan isian berupa ayam ataupun abon sebagai isiannya. Penampilan kue lemper ini cukup unik dengan dibungkus daun pisang yang cantik. Kue ini dapat disantap dalam berbagai acar formal maupun tidak dan dapat dikonsumsi untuk mengganjal perut karena cukup mengenyangkan.

 

Selain untuk di konsumsi sendiri bersama dengan keluarga anda, kue lemper ini juga cocok untuk dijadikan kudapan pada saat arisan, pengajian, jamuan hajatan dan berbagai acara lainnya. Sampai sekarang, kue lemper masih mudah untuk dijumpai di pasar tradisional dan para penjual kue.

 

Jika anda ingin mencoba membuat sendiri kue lemper ini, berikut kami akan berikan sebuah Resep Lemper Ketan Isi Ayam yang dapat anda jadikan panduan pada saat praktek di rumah. Berikut keterangan lengkap bahan – bahan dan cara membuatnya.

 

Bahan – bahan membuat lemper ketan isi ayam :

  1. 200 gram beras ketan, rendam satu sampai satu setengah jam lalu tiriskan
  2. 1 batang sereh, ambil batang putihnya dan memarkan
  3. 2 lembar daun salam
  4. 3/4 sendok teh garam
  5. 125 ml santan
  6. Daun pisang untuk membungkus

 

Bahan – bahan membuat isian lemper ketan :

  1. 2 buah ayam potong fillet
  2. 500 ml air matang
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 batang sereh, memarkan
  5. 1/4 sendok teh lada atau merica bubuk
  6. 3/4 sendok teh garam
  7. 1/2 sendok teh gula pasir
  8. 100 ml santan kelapa

 

Bumbu – bumbu yang di haluskan :

  1. 7 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1 sendok teh ketumbar
  4. 3 butir kemiri
Lemper Ketan Isi Ayam 166

Lemper Ketan Isi Ayam 166

Cara membuat lemper ketan isi ayam :

  1. Untuk membuat isiannya, rebus ayam terlebih dahulu sampai matang.
  2. Setelah ayam matang, angkat dan suwir – suwir daging ayam dan sisihkan air kaldunya.
  3. Campur suwiran ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan ditambahkan dengan merica atau lada bubuk, sereh, gula pasor, daun salam dan garam, aduk sampai semua bumbu tercampur rata.
  4. Setelah suwiran ayam merata dengan bumbu, masukkan ke dalam panci bersama dengan kaldu rebusan ayam tadi dan tambahkan santan lalu masak sampai semua bumbu dan santan meresap ke dalam suwiran ayam. Angkat dan dinginkan.
  5. Kukus beras ketan yang telah di rendam selama 20 menit sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  6. Sediakan sebuah panci dan rebus santan dengan daun salam, sereh dan garam sampai mendidih.
  7. Setelah santan mendidih, matikan api. Masukkan beras ketan yang telah dikukus tadi lalu masak sampai semua santan meresap ke dalam beras ketan.
  8. Setelah santan meresap ke dalam beras ketan, masukkan beras ketan ke dalam kukusan dan kukus selam 30 menit sampai matang benar.
  9. Setelah beras ketan matang, waktunya untuk membuat lemper dan mengisi adonan ayamnya.
  10. Ambil sedikit ketan, pipihkan dan beri isian dan bentuk menjadi lonjong memanjang atau sesuai selera anda, bebas. Lakukan sampai semua beras ketan terisi isian ayam dan di bentuk lonjong memanjang.
  11. Bungkus masing – masing lemper dengan menggunakan daun pisang.
  12. Untuk memperindah penampilan dari lemper, anda bisa meletakkan lemper pada wajan datar tanpa minyak dan membolak balik lemper sampai daun berubah warna dan tercium bau harum.

 

Proses pembuatan Resep Lemper Ketan Isi Ayam ini sebenarnya cukup mudah, tinngal mencampur semua bahan dan membuat adonan untuk isiannya saja. Proses yang sedikit memakan waktu adalah pada saat mengukus beras ketan dengan santan sampai matang, di butuhkan sedikit kesabaran dalam membuatnya. Semoga resep tadi dapat berguna untuk anda dan selamat mencoba.

 

BACA JUGA : RESEP KUE NAGASARI PALING ENAK

 


Resep Lemper Ketan Isi Ayam | Maressa B.A | 4.5