Tips Memasak Carrot Cake yang Simple dan Lembut

Tips Memasak Carrot Cake yang Simple dan Lembut – Beberapa waktu silam, makanan carrot cake ini memang pernah hits di Indonesia. Kue yang menggunakan bahan dasar dari wortel ini memiliki tekstur yang sedikit crubly. Namun, ternyata dengan proses pembuatan yang tepat, rasanya benar-benar manis dan juga lembut. Salah satu point plusnya adalahkue ini merupakan salah satu sajian kue yang sehat. Hal ini dikarenakan kue wortel ini menggunakan bahan pemanis alami dari wortel itu sendiri. Tak heran bila kue ini menjadi aman untuk dikonsumsi dalam waktu yang lama dan sangat popular di semua usia.

Baca Juga : Resep Membuat Bolu Jagung Manis Kismis yang Enak

Dijamin, anak-anak yang awalnya tidak menyukai wortel pasti akan tertarik dengan kue yang  satu ini. Proses pembuatannya sendiri juga lebih sederhana. Sehingga, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang paling mudah dan paling praktis. Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat carrot cake yang sehat dan sederhana, antara lain:

Pilih Wortel yang Berkualitas dan Masih Segar

Kenikmatan dari kue ini sebenarnya berasal dair bahan baku yang digunakannya sendiri. Karena bahan baku yang digunakan adalah wortel. Sehingga, dengan memilih wortel yang berasal dari impor yang berbadan gemuk dan berwarna jingga yang ngejreng, dengan batang yang lurus dan sedikit keras, maka rasanya menjadi benar-benar manis dibandingkan dengan wortel lokal. Karena dengan menggunakan wortel impor, maka rasa manis alaminya menjadi lebih terasa. Di samping itu, warnanya yang berwarna terang ini juga bisa membuat warna carrot yang sudah matang menjadi makin cantik.

Parutlah Wortel yang Halus supaya Tekstur Kuenya makin Moist

Untuk bisa mengolah wortelnya dengan baik, sebaiknya parut saja wortelnya sampai halus. Setelah itu, peras air wortel tersebut. Air atau jus wortel yang akan digunakan ini nanti akan penting sekali dalam proses pembuatan kue supaya nantinya tekstur kue tersebut terasa jauh lebih lembut ketika sudah matang. Maka dari itulah, wortel tersebut tidak perlu lagi dihaluskana gar nantinya puree kuenya masih bertekstur, namun masih tetap terasa moist.

Pilih Saja Minyak untuk Lemak Kue, dari pada Menggunakan Margarin/ Mentega

Lemak untuk membuat kue, seperti dari lemak margarin dan mentega itu umumnya akan memberikan tambahan rasa pada rasa kue nanti. Maka dari itulah, bila Anda ingin dapat menonjolkan dari cita rasa khas wortel itu sendiri, sebaiknya pilih saja minyak sayur dalam proses pembuatannya dibandingkan menggunakan margarin ataupun menggunakan mentega. Karena minyak sayur memiliki rasa yang jauh lebih plain. Dengan begitu, aroma dan rasa khas wortel masih tetap mendominasi untuk carrot cake yang satu ini. Di samping itu, kue akan makin lembut lagi dan lebih tahan lama tidak gampang mengeras, meskipun sudah dingin.

Ayak Dulu Bahan Keringnya sebelum Dicampurkan dengan Bahan Basah

Salah satu tips terbaik untuk membuat tekstur kue makin ringan adalah dengan cara mengayak bahan kering lebih dulu, sebelum akhirnya kemudian dicampur dengan bahan basah. Bahan kering yang telah diayak nantinya tidak akan mudah menggumpal saat dicampur ke dalam adonan basah. Sehingga, adonannya lebih lembut teksturnya, karena mudah tercampur dengan adonan. Jadi, sebaiknya yak dulu bahan keringnya setiap 2 kali sampai dengan 3 kali sebelum akhirnya dicampur ke dalam bahan yang basah.


Tips Memasak Carrot Cake yang Simple dan Lembut | Sinta Rizki Fadila | 4.5